RAKORDA IMABSII JATIM 2016





 Rapat Kordinasi Daerah (RAKORDA) adalah rapat yang diselenggarakan para mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia se daerah Jawa Timur dan Madura yang tergabung dalam satu wadah organisasi besar yaitu IMABSII (Ikatan Mahasiswa Bahasa Dan Sastra Indonesia Se Indoensia). RAKORDA ini diselenggarakan untuk menyiapkan diri dalam RAKERNAS yang akan diselenggarakan di UDAYANA Bali September mendatang. Beberapa poin penting yang dibahas dalam rapat kemarin (9-10/16) adalah tentang isu-isu kebahasaan yang akan dibahas dalam RAKERNAS, selian itu adanya RAKORDA ini juga diharap dapat lebih mempererat lagi hubungan persaudaraan antar mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia terutama di daerah Jawa Timur dan Madura. Hasil rapatnya adalah terbentuknya beberapa program kerja yang dilaksanakan di Daerah dan terbentuknya pula pioner sebagai kordinator dari gabungan beberapa kota yang berdekatan.

 RAKORDA 2016 adalah agenda rapat daerah yang diadakan pertama kali oleh kawan-kawan mahasiswa di daerah JATIM dan Madura. Sebagai awalan, universitas Muhammadiyah Jember bersedia menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. acara ini dapat terselenggara dengan adanya painitia gabungan yakni IMASIND (Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia)  FIB UNEJ, HIMABIN (Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia) UNMUH JEMBER dan IMABINA (Ikatan Mahasiswa Bahasa Indonesia) FKIP UNEJ. Adanya kepanitiaan gabungan supaya semua HMJ, terutama dari dua kampus besar di Jember dapat ikut andil mensukseskan acara yang bertempat di kandang sendiri.


Acara berlangsung selama dua hari dengan beberapa mahasiswa dari kampus lain datang sebagai peserta. Mahasiswa yang didelegasikan datang dari berbagai kota mewakili kampusnya antara lain, UNIRA Tuban, UNIPA Surabaya, HIMANESA Surabaya, UNISDA Lamongan, UTM Madura, Jombang, dan beberapa kota lainnya yang ada di Jawa Timur dan Madura. Sebagai penutup acara semua peserta diajak untuk rekreasi ke bukit Rembangan Jember.
Wahyu Puji Astuti (UNMUH) selaku ketua panitia mengaku sangat senang dan bangga sekali karena dapat terselenggaranya RAKORDA JATIM untuk pertama kali dan bertempat di UNMUH Jember dan adanya kerjasama yang sangat luar biasa dari universitas yang ada di Jember yakni IMASIND dan IMABINA UNEJ serta HIMABIN UNMUH Jember. Melalui RAKORDA ini Waa juga berharap semoga acara ini terus berlanjut dan tidak berhenti disini saja, baik itu dalam acara kecil-kecilan atau acara besar sekaligus. Waa juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada kawan-kawan dari HMJ lain yang ikut membantu “tanpa kalian saya bukan apa-apa” ujarnya. Waa juga menegaskan bahwa diadakannya RAKORDA JATIM ini adalah untuk mempersiapkan isu-isu yang akan dibawa ke RAKERNAS mendatang.

Lebih baru Lebih lama